perempuan pala-feat-02

Perempuan Pala & Serumpun Kisah Lain dari Negeri Bau dan Bunyi

Azhari
ISBN 978-602-1318-12-6
134 hlm + xvii; 14 x 21 cm
Rp 38.000


Dalam kecamuk psikologi politik masyarakat Aceh yang tak pernah tenang sejak abad ke-19, Azhari menulis satu cerita pendek “Air Raya”, yang tak pernah terpikirkan oleh penulisnya sendiri—bahkan dalam lamunan gila sekalipun—bahwa cerita itu seakan jadi satu nubuat. Beberapa bulan kemudian “air raya” itu berupa tsunami yang menggulung kawasan di samudra Indonesia pada pengujung 2004. Aceh menjadi salah satu wilayah yang paling parah dalam skala kerusakan fisik dan psikologis, dan berdampak pula secara politik.

Cerpen “Air Raya” itu termuat dalam buku ini, bersama dua belas cerita lain, yang pernah terbit pada 2004. Edisi ini menambahkan lima cerita baru dalam rentang 2001-2015 termasuk seri “si Ujud”, dinukil dari novelnya yang dalam penggarapan berlatar abad ke-17 dari negeri kelahirannya. Cerita-cerita baru Azhari, sesudah ia hiatus cukup lama, menunjukkan perkembangan yang menarik: ia memaksimalkan humor dan satire dari mayoritas cerita sebelumnya yang mengisahkan nestapa rakyat Aceh dari pengalaman terdekat selama periode mengerikan di ujung barat kepulauan Indonesia.


“Kisah-kisah fiksi Azhari menunjukkan bahwa fakta sejarah yang sederhana, melukiskan situasi abnormal, dapat diceritakan sedemikian rupa yang menghantarkan pada keadaan penderitaan yang tak bisa lagi dikenali, betapapun tokoh-tokohnya menanggung derita. Ia menggambarkan satu keadaan politik tempat kekerasan itu tumbuh dan gagal membuahkan otoritas.”
— Prof. James T. Siegel, antropolog.
“[Cerita-cerita] yang ditulis Azhari memanggil pembaca untuk memahami pergulan manusia yang tak pernah bisa ditundukkan bahkan oleh kekuatan kolonial sekalipun.”
The Huffington Post

Leave a Reply