DEA ANUGRAH menulis kumpulan puisi Misa Arwah (2015) dan kumpulan cerpen Bakat Menggonggong (2016). Misa Arwah masuk daftar panjang Kusala Sastra Khatulistiwa 2016, sedangkan Bakat Menggonggong dipilih majalah Rolling
Stone Indonesia sebagai salah satu Buku Indonesia Terbaik 2016. Setahun kemudian dia menjadi penulis mukiman di Mexico City dengan dukungan Komite Buku Nasional. Sejumlah cerpennya sedang diterjemahkan ke bahasa Inggris dengan dukungan LitRi Translation Grant. Kini dia bekerja sebagai editor di Asumsi.co.

Selain “Efek Proust” yang diterbitkan Pindai pada 2015, semua tulisan dalam buku ini terbit pertama kali di Tirto.id dalam rentang 2016-2018.

  • Bakat Menggonggong

    Rik, temanku, adalah penulis yang bagus dan manusia yang baik tetapi tolol. Ia adalah penulis yang bagus dan manusia yang baik tetapi tolol dan akhirnya mati karena paru-parunya berair. Ia adalah penulis yang bagus dan manusia yang baik tetapi tolol dan akhirnya mati karena paru-parunya berair, dua tahun lebih cepat daripada perkiraanku. Ia adalah penulis yang bagus dan manusia yang baik tetapi tolol dan akhirnya mati karena paru-parunya berair, dua tahun lebih cepat daripada perkiraanku, tanpa pernah dipedulikan orang. – Kisah Sedih Kontemporer

    Dalam kumpulan cerita pendek pertamanya ini, Dea Anugrah mempekerjakan seorang juru kisah yang cerewet, sok tahu, sinis, dan kadang tak patut dipercaya. Sang narator membingkai pelbagai momen dalam hidup, mulai dari masalah rumah tangga hingga situasi hidup-mati dalam perang, dan mengizinkan pembaca ikut menyaksikannya. Ada kesan bahwa ia menggunakan bermacam-macam teknik penceritaan hanya untuk menyenangkan dirinya sendiri. Ia tidak berusaha kelewat keras buat menjerat pembaca, namun karena itu suaranya justru jadi memikat.

    Rp48.000
  • Hidup Begitu Indah dan Hanya Itu yang Kita Punya

    Buku ini adalah bunga rampai nonfiksi pertama Dea Anugrah. Ia membicarakan mulai dari perang sampai industri pisang, dari kesedihan kolektif sebuah bangsa hingga seni membikin senang bagian tubuh tertentu.

    Rp68.000